BREAKING NEWS

Rabu, 11 April 2018

Memanfaatkan Google translate Mobile agar tidak tersesat di negeri orang

Melakukan travelling ke berbagai negara adalah hal yang menyenangkan, bisa mengenal sesuatu yang baru, menjelajah tempat-tempat wisata yang menarik dan berbagai hal lainnya.

Akan tetapi, seringkali jika kita mengunjungi suatu negara yang tidak banyak warganya yang dapat berbahasa inggris, masalah bahasa akan menjadi masalah yang cukup mengganggu.

Pernah suatu waktu saya travelling ke Bangkok, dan memang disana warganya kebanyakan tidak dapat berbahasa Inggris, kita agak kesulitan untuk naik transportasi lokal dan menuju lokasi yang ingin dituju. Saya lebih banyak memanfaatkan tulisan dan juga bahasa tubuh supaya omongan saya dapat dimengerti oleh penduduk lokal.

Waktu itu saya belum mengetahui fitur google translate mobile yang ternyata baru saya ketahui belakangan. Oleh karena itu supaya dapat menjadi pelajaran, lebih baik saya share di blog ini mudah-mudahan pembaca dapat memanfaatkan fitur google translate mobile dengan optimal.

Google translate dapat digunakan meskipun tidak terdapat koneksi internet asalkan sebelumnya kita sudah mendownload pilihan bahasa yang akan digunakan.

download bahasa

Cara menggunakan:
Pastikan sudah menginstal aplikasi Google Translate di Play Store.

1. Pilih opsi percakapan yang bergambar dua buah mikropon

mode percakapan

2. Akan tampil menu percakapan, dan ada dua opsi, yang pertama mengaktifkan komunikasi secara manual dengan memilih salah satu mic, sebagai contoh di gambar saya mengaktifkan penerjemahan dari bahasa inggris dan bahasa Thai. Mic biru untuk pengucapan dalam bahasa Inggris dan mic ungu untuk pengucapan dalam bahasa Thai. Yang kedua adalah mode otomatis, yang saya tandai bulatan merah.

Mode manual

3. Pada pojok kanan atas terdapat gambar tangan, dimana apabila dpilih akan muncul halaman untuk menampilkan ajakan untuk berbicara menggunakan google translate dalam bahasa orang yang akan kita ajak bicara. Hal ini penting agar orang yang kita ajak bicara mengerti.

Ajakan berbicara

4. Jika memilih input suara otomatis maka suara yang akan terekam akan diucapkan dalam bahasa yang berbeda secara bergantian sebagaimana orang yang memulai percakapan. Selain suara yang akan diucapkan oleh google translate, akan muncul juga teks dalam kedua bahasa.

mode otomatis
5. Selain fitur percakapan, ada fitur lain pada google translate yaitu kamera yang dapat menerjemahkan langsung di dalam preview kamera. Fitur yang enak digunakan untuk menerjemahkan simbol atau penanda tempat/jalan.

Preview Camera

Hasil translasi

Berikut adalah video manfaat yang bisa kita dapatkan dengan aplikasi Google Translate


 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah